WELCOME

Selasa, 19 November 2013

Dampak Telematika



--------------------------------------- 
ETIKA PROFESIONALISME TSI
Dosen :Ruddy Suhatril
RETNO AYU PRATIWI – 4KA20 – 15110777
---------------------------------------


Teknologi Telematika mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia zaman sekarang, dan tidak dapat dipungkiri hampir seluruh kegiatan sehari-hari manusia berhubungan dengan Teknologi Telematika. Selain memiliki dampak positif (manfaat) , Teknologi Telematika juga dapat membuat dampak negatif pada pengguna atau seseorang tergantung bagaimana bijaknya kita memanfaatkan Teknologi Telematika tersebut. Dan berikut ini akan dipaparkan mengenai dampak positif (manfaat) dan negatif Teknologi Telematika.



Manfaat dari telematika:   

  1. Sebagai sarana penyebaran informasi yang sangat luas dan cepat
  2. Penggunaan telematika sendiri diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat pada khususnya di daerah-daerah tertinggal sehingga dapat membantu pemerataan pembangunan.
  3. Dalam dunia usaha manfaat telematika dapat digunakan sebagai sarana untuk
    mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam berbisnis dan juga meningkatkan pendapatan dan dapat meningkatkan perekonomian.
  4. Manusia sebagai mahluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi dalam dan telematika juga mendukung hal tersebut pada akhir-akhir ini sangat booming media jejaring sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, yahoo messenger, dll sehingga kita dapat berkomunikasi kapan saja dan dengan siapa saja dan tidak terhalang jarak dan waktu.
  5.  Mempermudah Pemerintah dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui e-goverment 

Dampak Negatif Telematika:

  1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  2. Kejahatan telematika merugikan Negara
    Misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.
  3. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu. 
  4. Kejahatan telematika merugikan individu.
    Misal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
  5. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional. Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
  6. Penyalah gunaan Sosial Media.
    Mari kita bahas lebih detail mengenai dampak negatif telematika pada penggunaan Sosial Media.
     
    • Tidak adanya PRIVACY
      Media jejaring sosial seperti facebook, twitter, ataupun path bisa menjadi media yang bisa mengekspose semua privasi mereka, setiap ada kejadian, pengguna jejaring sosial tersebut selalu mengeksposenya padahal mereka tidak sadar bahwa banyak orang yang bisa melihat aktivitasnya. Bisa jadi apa yang sudah dieksposenya membuat orang lain tidak suka.
    • Cyber Bullying
      Tidak bijaknya melakukan post di jejaring sosial memang bisa berdampak buruk bagi si pengguna dan orang-orang yang menyimak. Apalagi disalah gunakan untuk bermaksud menghina secara tulisan melalui jejaring sosial. Tentu sangat merugikan orang lain. Terdapat aturan hukum untuk kasus seperti ini karena banyaknya 'teman' juga pengguna di jejaring sosial membuat berita baik atau pun buruk yang kita posting akan cepat menyebar di internet.
    Jadi apapun itu perkembangan yang terdapat di kehidupan, bijaklah menggunakannya agar tidak merugikan diri sendiri bahkan orang disekitar.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar